Kamis, 29 November 2007

Orang-orang sarap di dunia maya



Kerasa gak, kalo sekarang ini di internet makin banyak hal2 yang serem ? contonya aja kayak apa yang gue baca di jawa pos beberapa minggu yang lalu. mungkin kalian juga baca. itu lho, tentang pembantaian yang dilakuin sama salah seorang siswa senior high school di luar negri, gue lupa dimana. dia ngebantai 8 orang di skolahnya, termasuk kepala skolahnya. trus abis gitu dia bunuh diri dengan ngelobangin pala dia pake pistol. dia terinspirasi dan pengen ngikutin jejak dua mahasiswa yang dulu ngelakuin pembantaian masal di universitas di colorado itu lho. dan yang bikin gila, dia itu masukin videonya dia tentang rencananya ngelakuin pembantaian itu di youtube. mulai dari latian nembaknya dia, sampe dia nodong2in pistol ke arah kamera segala. trus dia juga punya koleksi video pembantaian di colorado itu di daftar video punya dia. tuh orang pake nama sturmgeist kalo gak salah. pas gue baca tuh artikel, gue langsung mbatin ”anjrit, gila banget nih orang..” makanya pas gue buka youtube, gue penasaran pengen tau videonya dia kayak gimana. tapi ternyata udah ditarik dari youtube dengan alasan untuk mencegah tindak kekerasan. mungkin pihak youtube juga takut bakal tejadi hal2 macem gitu lagi kali ya. emang sih, di youtube itu kan kita bebas mau masukin apa aja. gak ada yang ngontrol apa2 aja yang kita masuikin di situ. yah, itu jadi salah satu akibat buruknya. masalahnya banyak juga orang2 gak normal di dunia ini. jadinya ya kayak gitu itu.

trus gue sempet juga denger crita dari temen gue. katanya skarang itu berkembang situs2 di internet yang mendorong orang untuk ngelakuin bunuh diri. jadi di situs itu katanya kamu ditanya2in masalahmu. tapi bukannya dibantu mecahin masalah itu, kamu malah semakin dipojokin, semakin didorong supaya ngerasa putus asa gitu. trus nanti kamu didorong buat ngelakuin bunuh diri, sekaligus dikasih cara2 gimana ngelakuinnya. ya amplop. gila banget kan. gue sampe gak habis pikir kenapa orang2 itu berbuat hal2 kayak gitu. terus terang gue kasian banget sama mreka. apa enaknya sih ngejerumusin orang trus nyuruh mreka mati ? bener2 gak punya otak gitu lho.

yah, itulah internet. internet emang serba bisa. tapi bahaya dan dampak buruknya juga gak maen2.

semua hal emang ada positip dan negatipnya. karna itu kita juga gak bisa nyalahin internet. semuanya tergantung sama orang yang pake sendiri. kita juga gak bisa maksa setiap orang berpikiran positip. tapi se-enggak-nya kita yang mulai blajar ngontrol diri kita sendiri, supaya yang negatip2 itu gak makin nyebar. tul gak ? tuuuuulllll.... (plok plok plok ploookk)

Tidak ada komentar: